Pages

1 Maret 2016

Sejarah Power Bank






Tahukah Anda - Power Bank sebuah kata yang sudah sangat tidak asing lagi bagi kita semua dan di zaman sekarang ini hampir setiap orang memiliki minimal 1 buah power bank yang selalu dibawa kemana-mana. Tapi tahukah anda apa sebenarnya power bank itu dan dimana pertama kali power bank itu muncul?


Power Bank pertama kali diperkenalkan pada acara Las Vegas International Consumer Electronics Show pada tahun 2001 dengan nama Power Mobile Bank. Perkembangan Power Bank ini berjalan lambat diawal penemuannya karena kurangnya peminat dan kebutuhan pengguna akan Power Bank ini. Kebanyakan perangkat elektronik pada masa itu masih bisa bertahan lama dengan menggunakan baterai bawaan yang ada pada perangkat tersebut.

Hingga pada tahun 2007, para produser handphone memperkenalkan iPhone dan Handphone jenis touch screen. Peluncuran jenis handphone baru ini juga turut mendongkrak kebutuhan akan penggunaan dari Power Bank dikarenakan segala fitur dan aplikasi yang tersedia di dalam handphone ini cukup menguras daya dari baterai tersebut.

Beberapa tahapan dalam perkembangan Power Bank


  • Tahap Pembentukan Konsep Produk (2001 - 2003): Pada tahun 2001, seorang mahasiswa merangkai sebuah cirkuit dengan beberapa baterai AA secara bersma-sama untuk dapat mengalirkan listrik ke perangkat elektronik. Pada tahapan ini resmi hadir sebuah konsep baru dari Power Bank dengan nama Power Mobil Bank.
  • Tahap Pembentukan Konsep Pasar (2004-2006): Para pengusaha mengeluarkan sejumlah uang untuk mengembangkan produk Power Mobile Bank dan mencoba untuk membuat sebuah konsep baru untuk penggunaan Power Mobile Bank ini.
  • Tahap Pergerakan Pasar Lambat (2006-2009): Kejadian yang mewakili tahapan ini adalah dimana pabrik sudah mampu memproduksi sejumlah besar Power Mobile Bank, tetapi penjualan produk ini tidak terlalu berkembang pada pasar.
  • Tahap Pengembangan Pasar (2009-2012): Selama periode ini, pasar domestik berubah dengan cepat dan dengan berkembangnya smartphone kebutuhan akan Power Bank ini mulai diminati.

 Beberapa keuntungan dalam menggunakan Power Bank

  1. Portability : Kemampuan untuk dapat dibawa kemana saja. Kebanyakan dari Power Bank sekarang berukuran kecil dan ringan dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar sehingga gampang dibawa kemana saja.
  2. Adaptability : Kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan beberapa jenis perangkat elektronik. Power Bank sekarang tidak hanya dipakai untuk smartphone tetapi dapat juga dipakai untuk perangkat-perangkat elektronik lainnya sepanjang perangkat tersebut menggunakan colokan USB sebagai penerima arus listrik
  3. Capacity : Kapasitas dari Power Bank diukur dengan milli Ampere hour atau mAh. Satuan ini menandakan besarnya energi yang dapat dipakai per jam. Power Bank sekarang ini biasanya memiliki kapasitas minimum 5200 mAh atau maksimum 150000 mAh. 
  4. . Independence : Kebebasan. Dengan memiliki Power Bank anda tidak perlu khawatir pada saat anda melakukan perjalanan. Anda dapat melakukan pengecasan perangkat elektronik anda kapanpun anda mau.
  5. Peace of Mind : Memiliki Power Bank membuat anda merasakan kenyamanan dan ketenangan karena anda tidak perlu mengkhawatirkan perangkat elektronik anda lowbat ataupun kekurangan baterai. Anda dapat senantiasa kapanpun melakukan pengecasan terhadap perangkat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar