Pages

7 Maret 2016

Rahasia asuransi yang tidak pernah anda ketahui




Tahukah Anda - Kata asuransi pastilah sudah tidak asing lagi di telinga kita semua, tetapi jika kita berbicara tentang asuransi pernahkah anda berpikir bagaimana cara asuransi tersebut membayar kita dimana premi yang kita bayarkan terkadang tidak sebanding dengan cover asuransi yang mereka bayarkan? Belum lagi komisi untuk para agen asuransi yang jika dilihat cukup besar bahkan hingga bisa liburan keluar negeri dan lain sebagainya? Apa si untung dari asuransi itu?

Berikut penjelasannya, salah satu kunci sukses dari perusahaan asuransi adalah harus pandai dalam mengelola resiko. Jadi intinya perusahaan harus sanggup mengelola resiko yang dimiliki oleh para nasabah kemudian dibagi ke seluruh nasabahnya. Berikut ilustrasi gampangnya :

Kita asumsikan kita memiliki 100 orang nasabah yang membayarkan biaya preminya sebesar 3juta per tahun. Dari 100 nasabah yang ada diperkirakan akan ada 5 nasabah yang mengalami kecelakaan dengan biaya yang di cover asuransi adalah sebesar 50juta. Maka kita dapat menghitung bahwa biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi 50x5 = 250jt. Sedangkan biaya premi yang dibayarkan oleh para nasabah 100x3 = 300jt berarti perusahaan asuransi masih ada selisih pembayaran sebesar 50jt. Dari sini bisa kita lihat bahwa sebenarnya konsep dari asuransi hampir sama dengan arisan hanya saja bedanya bukan menunggu giliran tetapi menunggu musibah.

Yap, itulah konsep dasar dari Asuransi Tradisional. Tetapi seiring dengan perkembangannya, perusahaan Asuransi mulai memadukan konsep Asuransi Tradisional dengan konsep Investasi terutama untuk Asuransi Kesehatan dan Jiwa.

Asuransi Tradisional VS Asuransi + Investasi


Perpaduan antara Asuransi tradisional dengan Produk Investasi yang ditawarkan biasa disebut dengan Unit Link. Pertama-tama, kita akan membahas dulu mengenai Unit link. Apakah itu Unit Link?

Unit link merupakan sebuah produk keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dimana konsepnya adalah mereka mengumpulkan dana-dana unit link yang dibayarkan oleh para nasabah/pemegang polis kemudian mereka akan membagi-bagikan alokasi dana yang sudah terkumpul ke produk-produk keuangan seperti saham, reksa dana, pasar uang, deposito dan lainnya tergantung dari jenis unit link itu sendiri. Keuntungan dari pembelian produk-produk keuangan tersebutlah nantinya yang akan merupakan hasil dari investasi nasabah/pemegang polis yang biasanya akan dijanjikan bisa untuk meng-cover biaya asuransi anda ataupun untuk bisa anda tarik sebagai dana tabungan ataupun dana jaminan hari tua anda ataupun jaminan masa depan anak anda dan istilah-istilah lainnya tergantung dari jenis polis asuransi yang anda bayarkan.


Cara kerja Unit Link 


Kalau kita lihat dari gambar diatas ada beberapa istilah antara lain Premi, Nilai Polis, Biaya Asuransi, dll. Saya akan coba menjelaskan dengan cara yang dimengerti terkait dengan istilah-istilah tersebut :
  • Premi : Biaya yang akan dibayar oleh Pemegang Polis/Nasabah secara periodik (secara bulanan ataupun tahunan tergantung cara pembayaran asuransi yang diambil)
  • Nilai Polis : Hasil dari Investasi yang nantinya digunakan untuk membayar Biaya Asuransi, Biaya Asuransi Tambahan, Biaya Administrasi dan kelebihan dari nilai polis inilah yang nantinya bisa ditarik dan dipakai atau biasa disebut sebagai dana tabungan, dana pendidikan, dana pensiun atau lainnya sesuai dengan jenis polis asuransi yang dibayarkan
  • Biaya Asuransi : Biaya yang harus dibayarkan pemegang polis/nasabah untuk mendapatkan proteksi/perlindungan.
Cara kerjanya adalah Pemegang Polis/Nasabah  membayarkan Premi secara periodik, kemudian dari perusahaan asuransi akan melakukan pemotongan dari biaya premi yang dibayarkan untuk biaya akuisisi, biaya asuransi dan biaya-biaya lainnya. Sisa dana dari pemotongan biaya premi inilah yang akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi dan hasil dari investasi tersebut menghasilkan nilai polis. Jika suatu saat anda tidak membayarkan lagi premi perusahaan tersebut maka dana yang berkembang dari nilai polis tersebut yang akan melanjutkan pembayaran biaya asuransi anda ataupun nilai polis tersebut bisa anda tarik sebagai hasil dari investasi anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar