Pages

9 Februari 2016

Sejarah Steak



Tahukah Anda - Steak pertama kali diperkenalkan oleh tentara Inggris di Perancis setelah perang Waterloo. Hidangan ini biasanya terbuat dari sekerat daging dengan berat 100 hingga 400 gr. Teknik pembuatanya bisa di panggang atau di goreng dengan sedikit lemak atau minyak.



Kata steak sendiri berasal dari kata steik (bahasa Skandinavia). Menurut kamus Oxford, arti dari Steak adalah sepotong daging tebal yang dipanggang atau digoreng. Daging yang digunakan biasanya berasal dari bagian tertentu, seperti 
  • Sirloin (daging yang memiliki lemak di bagian pinggir potongan daging),
  • Tenderloin (daging yang memiliki tekstur empuk dan tidak memiliki lemak. Kita mungkin mengenal Tenderloin dengan sebutan daging khas dalam),
  • Ribe eye (daging yang memiliki tekstur lembut, tapi masih ada sedikit lemak yang menempel. Bagian ini juga sering disebut dengan scotch fillet)

Tiga jenis daging yang disebutkan itu merupakan yang paling sering digunakan sebagai steak. Akan tetapi, bagian lain dari sapi, seperti chuck, rib, short loin, dan round juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan steak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar