Pages

11 Februari 2016

Sejarah Pagoda Brastagi di Sumatera Utara?


Tahukah Anda - Pagoda pada Taman Alam Lumbini di Brastagi tepatnya berada di Desa Dolat Rayat - kota Brastagi merupakan sebuah replika dari Pagoda paling agung di dunia yang terletak di kota Yangon Negara Myanmar yaitu "Pagoda Shwedagon".

Pagoda Shwedagon berasal dari kota "Shwe" yang artinya emas dan "Dagon" yang merupakan nama terdahulu dari kota Yangon - Ibukota Myanmar sehingga Pagoda Shwedagon dapat diartikan Pagoda Emas yang terdapat di kota Dagon. Menurut sejarahnya, pagoda ini dibangun pada 2.600 tahun yang lalu pada zaman Buddha Gautama yang menurut legenda dibangun oleh seorang penguasa Okkalapa (nama sebelumnya dari kota Yangon) untuk menyimpan 8 helai rambut dari Buddha yang dibawa oleh dua bersaudara pedagang dari Myanmar, Tapussa dan Bhallika. Kedua bersaudara tersebut memimpin karavan kereta kerbau ke India guna menemui Buddha dan mempersembahkan madu dan sejenis kue yang bernama kywet kyit kepada Buddha kemudian mereka menerima 8 helai rambut Buddha untuk dibawa pulang ke kampung halamannya.

Bersumber dari inspirasi atas Pagoda Shwedagon di Myanmar tersebut maka dibangunan Replika Pagoda Shwedagon ini di Komplek International Buddhis Centre - Taman Alam Lumbini. Projcet ini selesai pada tahun 2010 dan merupakan pagoda kedua tertinggi di antara Replika Pagoda Sejenis di luar Myanmar.

Sama seperti Pagoda Shwedagon di Myanmar, pagoda ini juga menyimpan berbagai relik, benda peninggalan dari Buddha, arahat, dan ribuan Buddha Rupang dari berbagai negara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar