Pages

29 Februari 2016

Sejarah Kubik






Tahukah Anda - Rubik adalah sebuah teka-teki berantai atau puzzle mekanis yang berbentuk kubus dimana setiap sisinya dibagi menjadi 9 buah kotakan-kotakan kecil yang memiliki kelompok warna awalan yang sama untuk masing-masing sisinya dan dapat diputar sedemikian rupa sehingga menghasilkan kotakan-kotakan yang acak di masing-masing sisinya.

 Sejarah

Rubik ditemukan oleh seorang profesor arsitektur Hungaria bernama Erno Rubik. Tujuan awal dari pembuatan Rubik ini oleh Erno Rubik adalah untuk membantu murid-muridnya memahami objek dari 3D. Dia sendiri juga tidak menyangka bahwa dia telah menciptakan sebuah teka-teki sampai dia mengacak kubusnya untuk pertama kali dan kemudian mencoba untuk mengembalikannya ke posisi semua. Rubik mendapatkan paten atas penemuannya pada tahun 1975 di Hungaria dan produksi pertama dilakukan pada tahun 1977 dan dirilis ke toko mainan Budapest.

Jenis-jenis pertandingan Rubik

Berikut adalah beberapa jenis-jenis pertandingan Rubik yang dipertandingkan di dunia internasional 

  • Speedcubing atau Speedsolving
    Speedcubing adalah pertandingan untuk menyelesaikan Rubik secepat mungkin.
    Pertandingan dunia pertama ini diselenggarakan oleh Guinness Book of World Records di Munich pada tanggal 13 Maret 1981. Pemenang resmi dari pertandingan ini adalah Jury Froeschl dengan rekor waktu 38 detik.
    Saat ini, pemegang rekor dunia untuk 3x3x3 dipegang oleh Collin Burns dari Amerika Serikat dengan catatan waktu 5,25 detik di kompetisi Doylestown Spring 2015 pada April 2015, lalu Mats Valk dari Australia di kompetisi Zonhoven terbuka 2013 dengan catatan waktu 5,55 detik mengalahkan Feliks Zemdegs dengan catatan waktu 5,66.
  • Blindfolded Solving
    Blindfolded Solving atau sering disebut dengan BLD adalah kompetisi menyelesaikan Rubik dengan mata tertutup.
    Cara menyelesaikannya adalah dilakukan dengan mengingat posisi warna yang ada pada Rubik tersebut kemudian peserta harus menutup mata dan menyelesaikan Rubik tersebut dengan mata tertutup. Waktu dihitung dari pertama peserta mengingat posisi warna sampai degan Rubik diselesaikan secara sempurna.
    Rekor resmi dunia saat ini untuk 3x3x3 BLD adalah 23,80 detik oleh Marcin Zalewski dari Polandia.
  • Multiple Blindfolded Solving
    Multiple Blindfolded Solving atau sering disebut dengan Multi BLD adalah kompetisi menyelesaikan beberapa Rubik dengan mata tertutup.
    Peserta akan diminta untuk menghafal beberapa buah Rubik kemudian peserta harus menyelesaikan semua Rubik tersebut dengan mata tertutup tanpa jedah waktu untuk membuka mata. Permainan Multi BLD ini merupakan jenis permainan Rubik dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena peserta harus memiliki daya ingat yang cukup kuat untuk dapat menyelesaikan Rubik tersebut.

  • Team BlindfoldedTeam Blindfolder adalah kompetisi menyelesaikan Rubik dimana satu orang dengan mata tertutup dan orang lain mengatakan apa yang harus dilakukan.

  • One handed Solving
    One handed Solving adalah kompetisi dimana peserta diharuskan untuk menyelesaikan rubik dengan satu tangan, baik tangan kanan maupun tangan kiri.

  • Solving with feet
    Dalam hal ini, peserta mencoba untuk menyelesaikan Rubik dengan kaki, mulai dari tahap inspection hingga solving. Cabang ini benar-benar dipetandingkan secara resmi dalam kompetisi WCA. Pemegang rekor resminya adalah Fakhri Raihaan dari Indonesia dengan waktu rata-rata 27,93 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar