Pages

10 Februari 2016

Asal Mula Es Krim


Tahukah Anda - Konon asal muasal Es Krim diperkirakan kurang lebih dari 200 tahun sebelum Masehi, walaupun memang tidak diketahui secara tepat kapan tanggal maupun penciptanya. Dari  catatan sejarah diketahui bahwa Alexander Agung adalah penikmat es krim yang saat itu bentuknya masih berupa salju yang ditambahkan madu dan sari buah. Pada jaman kekuasaan Romawi, penguasa saat itu Nero Cladius Casesar (th 54-86) sering mengirim orang ke gunung hanya untuk mengambil salju, dimana kesukaannya adalah dicampur bermacam buah-buahan.


Pada zaman dahulu, Es pada Es Krim didapatkan dari danau atau kolam yang membeku pada musim dingin, kemudian dipotong dan disimpan dalam tumpukan jerami, lubang di dalam tanah, atau tempat penyimpanan es yang terbuat dari kayu dan diberi jerami. Es disimpan dan kemudian dipakai di musim panas.
Pada musim panas, es tersebut diolah secara tradisional dengan mengolah adonan dalam sebuah mangkok besar yang ditaruh dalam sebuah tube yang diisi dengan campuran es yang telah dihancurkan dan garam sehingga membuat adonan es krim tersebut membeku.


Es yang kita kenal sekarang ini sebenarnya ditemukan pertama kali oleh bangsa China pada sekira 700 masehi. Es krim menjadi makanan persembahan bagi Kaisar Tang dari Dinasti Shang. Kaisar Tang adalah seorang penggemar kuliner, yang meminta para koki istana untuk membuat es krim dari campuran salju, susu sapi, dan tepung yang kemudian diaduk hingga mengental.
Kemudian, tahun berlalu dan China membuka hubungan dagang dengan Italia. Pembukaan jalur dagang ini kemudian membuat Marcopolo, seorang penjelajah lautan asal Italia membawa resep es krim dari China ke negaranya. Di Italia, resep es krim ini kemudian dimodifikasi dengan sirup dan campuran es. Jadilah es krim ala Italiano yang kemudian dinikmati oleh kaum bangsawan Eropa dan menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar